Latest Updates

Tips memilih gitar Bass

Mudah2an sedikit tips ini ngbantu  temen-temen yang mau beli gitar bass. Sebelum membeli gitar bass kita harus tau gimana sih gitar yang bagus, agar supaya nanti kalo pas beli bisa cocok dan gak nyesel dan yang pasti pas dengan budget kita. Kecuali kalo temen2 banyak duit,gak masalah asal beli gitar bass yang harganya diatas 10 jutaan pasi udah dapet yang baguss..hehee. Nah jadi tips ini cocok bgt buat temen2 yang budget terbatas, seperti saya (hehe..curhat dikit).
Oke kalo gitu langsung aja share tips nya (ni gak 100% bener,jadi temen2 mungkin bisa nambahin)
1.  Liat Dompet Dulu
Ni yang paling penting..liat dulu budget kita. Jangan sampai ntar pas mo bayar duitnya kurang,ak lucu kan kalo sampe kejadian kayak gitu.
2.  Survey
Langkah kedua adalah survey. Sebelum kita dateng ke toko musik sebaiknya (harus) kita survey harga dll dulu di internet. Jadi ntar pas ditokonya kita sedikit tau lah apa yang mo kita beli. Survey juga disesuain ma duit, misal budget kita 3 jutaan, kita cari di internet merk gitar bass apa aja yang harganya segitu. Kalo mu lebih tau lagi ikut aja di forum2 musik gitu,biasanya banyak yang ngbantu ko.
Nah klo udah survey langkah selanjutnya adalah pergi ke toko musik pastinya..heheh..
3.  Jenis Kayu
Badan bass umunya dibuat dari kayu mahoni, walnut, maple dsb. Neck juga begitu ada yang dari maple, rosewood maupun wenge. Kayu wenge adalah tipikal kayu yang paling keras jadi tahan terhadap perubahan cuaca seperti di Indonesia. Namun jenis kayu tidak mutlak menetukan kualitas suara dari bass tsb.
4. Neck (Stang Gitar)
Salah satu bagian yang penting untuk di cek adalah bagian neck, Lurus atau gak.. Klo ada yang gak lurus mending gak usah dibeli walopun murah atau tmen2 udah suka,ntar bakaln nyesel deh.
5. Tune machine
Tune machine itu yang buat nyetem. Kalko yang pernah saya baca sih yang cukup bagus adalah merek  Goto,cuma vsayangnya biasa di pake di bass yang high end gitu deh. Tune machine yang bagus ga boleh terlalu keras atau juga sebaliknya.
6. Pick UP
Kalo yang belum tau,,pick up tu alat yang buat ngubah suara analog ke listrik. Pick up ngaruh banget ma suaranya bass nya. Jadi harus pinter-pinter milih pick up nya. Buat ngecek pick up sih biasanya langsung cobain aja gitar bass nya,trus dengerin suaranya.
7.  Tone Control
Tone Control gitar bass buat ngatur volume, bass, ma treble dll. Tapi yang terpenting adalah back cover atau penutup control cavity ini harus dilapisi baik oleh cat khusus ataupun sejenis alumunium foil.
8.  Berat
Berat keseluruhan juga harus diperhitungkan. Kalo teman mau pake untuk recording, maka berat tidak terlalu jadi soal, tapi kalo teman mo beli bass untuk perform on stage, lebih baik pilih yang tidak terlalu berat. Biasanya bass dengan sambungan antara neck dengan body menggunakan baut biasa itu lebih ringan daripada yang tanpa baut.
9. Tone
Nah yang paling penting adalah tone atau suaranya. Janagn sampai lupa cobain ditoko musiknya, gimana suaranya n dipegang enak gak..hehehe. Kalo masalah suara sih gak bisa dijelasin, jadi temen2 dengerin aja sendiri di toko musiknya.
10 . Bentuk fisik
Nah kalo bentuk fisik sih selera masing-masing, So temen-temen bisa milih bentuk n warna gitar bass yang temen-temen suka,tapi kalo bisa mendekati kriteria2 diatas..hehe

0 Response to "Tips memilih gitar Bass"